Senin, 29 Februari 2016

PENGANGGURAN



Setiap Negara pasti mempunyai orang orang yang tidak mempunyai pekerjaan atau disebut juga pengangguran. Banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja atau juga orang yang sudah layak bekerja tetapi jam kerjanya kurang dari 1 jam per minggu.


Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi mengapa banyak orang menjadi pengangguran. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam diri sendiri (internal) ataupun juga bisa dari luar diri sendiri (eksternal). Salah satu contoh faktor internal yang dapat diambil dalam kasus pengangguran adalah karena malas atau kurangnya motivasi seseorang tersebut untuk bekerja. Banyak orang di Indonesia mengalami pengangguran karena mereka malas akan jam kerja yang padat dan deadline pekerjaan yang menumpuk. Itu sudah menjadi alasn umum mengapa seseorang menjadi pengangguran. Lalu ada juga Faktor eksternal yang dapat diambil adalah perkembangan ekonomi sebuah Negara. Banyak Negara berkembang saat ini membutuhkan tenaga kerja terdidik yaitu tenaga kerja yang mempunyai wawasan ilmu yang luas, dapat berorientasi pada tugas yang diberikan, dan teliti dalam sebuah tindakan. Tetapi Tak sedikit juga pula sebuah Negara berkembang yang banyak mempunyai tenaga kerja terlatih, bukan terdidik. Mereka bekerja berdasarkan kekuatan fisik dan itu. Contohnya saja di Indonesia banyak tenaga kerja Terlatih daripada terdidik, tetapi fakta dilapangan mengatakan yang dibutuhkan lebih banyak adalah tenaga kerja terdidik. Dari sanalah banyak tenaga kerja terlatih yang tidak punya pekerjaan karena kurangnya lapangan pekerjaan untuk mereka. Dari sanalah tercipta pengangguran yang pasti selalu ada disetiap Negara.


Akibat dari terjadinya pengangguran juga sangatlah banyak. Semakin banyak pengangguran di sebuah Negara, semakin banyak pula kasus-kasus ekonomi dan sosial. Contohnya saja bila sebuah Negara mempunyai angka pengangguran yang tinggi pastilah banyak dari rakyatnya tidak mempunyai penghasilan, dari situlah gelandangan meningkat drastic dan angka kriminalitas juga tinggi. Adapula menyangkut gizi buruk yang terjadi pada balita karena orang tua mereka tidak mempunyai pengahsilan yang tetap untuk memenuhi kebutuhan hidup anak tersebut.


Ketika angka pengangguran di suatu Negara meningkat drastis, maka hal yang harus di lakukan adalah memperbaiki kondisi suatu lapangan pekerjaan. Dengan semakin baiknya kondisi lapangan pekerjaan yang memadai, maka semakin baik pula kondisi suatu Negara. Caranya juga dapat ditempuh dengan membuat lapangan pekerjaan sendiri dengan kemampuan yang dimiliki untukmengurai angka pengangguran dari mereka yang sudah cukup umur untuk bekerja. Menjadi wirausahawan atau wiraswata adalah solusi yang tepat untuk mengurangi angka pengangguran di sebuah lingkungan.


1 komentar:

  1. YouTube | Videoslots | videoslots.cc
    youtube youtube youtube youtube youtube to mp3 player youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube. youtube youtube youtube youtube youtube. youtube youtube youtube youtube youtube youtube. youtube youtube youtube youtube youtube

    BalasHapus